Tuesday, January 17, 2012

Laporan karya tulis ilmiah

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan YME berkat limpahan rahmat dan HidayahNya kami dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “LAPORAN STUDY WISATA JAKARTA--BANDUNG 2011” dengan baik sesuai dengan apa yang kami harapkan.
Topik karya tulis yang dibahas adalah kunjungan wisata ke JAKARTA-BANDUNG dan sekitarnya yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XII SMA N 1 INDRALAYA, dan didalamnya dilengkapi dengan dokumentasi pada masing-masing objek.
Karya tulis ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas kami pada tahun ajaran 2010/2011.
Dalam kesempatan ini, kami megucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses penyelesaian karya tulis.
Ucapan terima kasih tersebut kami tunjukan kepada yang terhormat:
1.     Ibu Dra. Rasnianah, MM Kepala Sekolah SMA N 1 INDRLAYA
2.    Bapak Yulfia Adra Wakil kesiswaan
3.    Ibu Yusdiana .Spd guru Bahasa indonesia
4.    Bapak/Ibu Guru pendamping selama dalam perjalanan.
5.    Bapak/Ibu Guru yang lain yang telah membantu dalam pembuatan karya tulis.
6.    Bapak/Ibu Guru yang telah membantu dalam kelancaran karya wisata.
7.    Orang Tua yang telah memberi do’a restu.
8.    Dan banyak lagi pihak-pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu
Semoga Tuhan YME memberi rahmat dan hidayahNya kepada semua pihak yang telah membantu kami. Kami menyadari dalam penyusunan karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangannya dan kesempurnaannya untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan. Atas perhatian semua pihak kami ucapkan terima kasih.

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan menumpuk pengetahuan siswa. Setelah karya wisata, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas XII SMA N 1 INDRALAYA  Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study tour selama 7 hari (Dari tangga 25-31 Desember  2011).
Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study tour ke JAKARTA-BANDUNG diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour yang berada di JAKARTA-BANDUNG dan sekitarnya.
B.    Tujuan

Tujuan yang hendak kami capai dalam penulisan karya tulis ini adalah:
1.    Untuk menambah pengetahuan siswa.
2.    Untuk menambah pengalaman.
3.    Untuk mengembangkan potensi,etika,estetika, dan pratika.
4.    Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
5.    Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6.    Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek wisata.

C.   Alasan Pemilihan Judul
Judul dalam karya tulis ini dipilih sesuai dengan objek study dan objek wisata yang telah dilaksanakan yaitu di JAKARTA-BANDUNG dan sekitarnya.
Sedangkan alasan memilih objek wisata tersebut adalah dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1.    JAKARTA adalah sebagai tempat tujuan pelancong dari seluruh Indonesia, dan sebagai Ibu Kota Negara INDONESIA.
2.    JAKARTA sebagai tempat tujuan pariwisata.
3.    BANDUNG adalah kota perguruan tinggi terkenal di Indonesia, yaitu ITB
4.    Cibaduyut dan Pasar Baru, sebagai pusat perbelanjaan yang cukup terkenal di Bandung.
5.    Tangkupan Perahu merupakan salah satu tempat sejarah di mana di cerikatakan tentang “Sangkuriang”
6.    Cheater adalah tempat pemandian air panas di mana para ahli mengatakan bahwa air tempat tersebut bisa mengobati jenis penyakit kulit.

D.   Metode
     Metode yang digunakan dalam pengerjaan karya tulis ini adalah:
·         Metode Observasi
Yaitu dengan melihat langsung objek yang dikunjungi atau diteliti.
·         Metode Literatur
Yaitu dengan menggunakan brosur,buku, dan juga media internet.

BAB II
ISI
SMA N I INDRALAYA  kelas XII tahu ajaran 2011/2012 mengadakan  karya wisata Jakarta dan bandung selama 6 hari dari tanggal 25-31 Desember 2011.Siswa-siswi  SMA N I INDRALAYA berangat pada hari Minggu tgl 25 pada pukul 11:00 wib. kami  dari Indrlaya menuju ke lampung atau di pelabuhan merak memakan waktu selama 1 hari dan setiba di pelabuhan merak tgl 26 kami sampai di daerah lampung dan kami menuju ke  kota Jakarta memakan waktu 4 jam setelah tiba d Jakarta kami langsung ke  Dunia Fantasi Ancol pada pukul 15:30 kami di sini di beri waktu kurang lebih sealama 3 jam yaitu sampai jam 18:00  untuk  menikmati wahana di ancol. Setelah dari ancol kami menuju hotel MEGA MATRA dan kami di situ beristirahat.
Hari ke 3 pada tanggal 27 kami  menuju ke  WTC dan Mangga Dua Square untuk berbelanja dan dilanjutkan ke TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Di sini kami banyak  mengetahui tentang wilayah Indonesia dan di sana juga dijelaskan ruamah adat di seluruh Indonesia.
Hari ke 4 kami pada tanggal 28 kami menju ke kota Bandung. Dari Jakarta ke Bandung memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, tempat wisata pertama yang kita kunjungi di Bandung adalah G. Tangkuban Perahu, di sini kami melihat secara langsung keindahan tempat wisata ini, dan suhu udaranya sangat dingin. Setelah  dari tangkupan Perahu, pada sore harinya kami menuju ke pusat perbelanjaan yaitu Ciampelas, disana kita berbelanja berbagai macam oleh-oleh khas Bandung. Dan setelah itu kmi menuju hotel  Bumi Asih Bandung, untuk beristirahat.
Hari  ke 5 tanggal 29 kami menuju pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di kota Bandung yaitu Cibaduyut dan Pasar Baru. Di sini kita dapat mebeli berbagai macam oleh-oleh khas Bandung. Setelah seharian full shoping, kemudian rombongan bergegas ke hotel untuk beristirahat.
Hari ke 6 tanggal 30 Kami check out dan bergeges membereskan pakaian utuk pulang ke Palembang, tetapi  sebelum menuju ke Palembang kami mampir terlebih dahulu di kebun Starwberry dan tempat pemandian air panas Ciater di bandung. dan setelah berkunjung dari tempat tersebut, kami langsung  melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Palembang.
Hari ke 7 tepatnya tanggal 31 Desember, rongbongan karya wisata sampai di Palembang sekitar pukul 17:00 wib.
BAB III

·            Dari arah barat kota : Tangerang
·            Dari arah timur kota : Bekasi

3.            Keistimewaan Gelanggang Samudra Ancol
·            Ada beberapa pertunjukan wahana yang unik
·            Dan disana selalu ramai dikunjungi orang

Laporan:
Letak Objek wisata Gelanggang Samudra Ancol terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Pademangan, lebih tepatnya desa Ancol. Letaknya sekitar 35 km arah barat dari kota Bekasi sekitar 35 km arah barat dari kota Bekasi. Dan letak objek wisata Gelanggang Samudra Ancol dekat dengan objek wisata Dunia Fantasi.
Perjalanan menuju objek wisata Gelanggang Samudra Ancol dari arah selatan kota Depok, dari arah utara Kepulauan Seribu, bisa juga dari arah barat kota Tangerang, dan bisa juga dari arah Timur kota Bekasi.
Keistimewaan Gelanggang Samudra Ancol kita bisa melihat wahana-wahana disana seperti 4D, melihat pertunjukan lumba-lumba, dan hewan-hewan lainnya yang unik.
3.    Dunia Fantasi
·         Dari arah barat kota : Tangerang
·         Dari arah timur kota : Bekasi
3.    Keistimewaan Dunia Fantasi
·         Banyak wahana yang bisa kita naiki
·         Dan disana juga bisa menggugah adrenalin kita
Laporan:
Letak Objek wisata Dunia Fantasi terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Pademangan, lebih tepatnya di desa Ancol, sekitar 35 km arah barat dari kota Bekasi. Dan wisata Dunia Fantasi dekat dengan objek wisata Gelanggang Samudra Ancol.
Perjalanan menuju objek wisata Dunia Fantasi dari arah selatan kota Depok, dari arah utara Kepulauan Seribu, dapat juga dari arah barat kota Tangrang, dan bisa juga arah timur kota Bekasi.
Keistimewaan Dunia Fantasi kita dapat memainkan wahana-wahana disana, melihat pertunjukan yang bisanya yang sering sekali ditonton oleh orang-orang, dan permainannya yang mengasyikkan.

BAB IV
DOKUMENTASI
            Dokumentasi berupa foto-foto dari beberapa obyek wisata diambil secara langsung dari tempat objeknya. Hasil gambar dari lokasi wisata dapat dilihat pada Bab VI lampiran.

BAB VII
LAMPIRAN
A.   Dunia Fantasi Ancol

B.   Taman Mini Indonesia Indah

C.   Tangkuban Perahu

BAB V
PENUTUP
1.    Kesimpulan
Dengan adanya pembuatan karya tulis ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di perguruan tinggi nantinya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yangtaelah kami terima.
Dan dari beberapa objek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa objek-objek itu mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing objek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga tiap-tiap objek mempunyai manfaat dan daya guna yang lebih luas.
2.    Saran-saran
Dengan harapan dapat berkarya wisata dengan baik pada waktu yang akan datang, maka saran-saran yang kami berikan dan kami tujukan kepada dua belah pihak, yaitu pihak pengelola objek wisata dan pihak penyalenggara karya wisata (SMA N I INDRALYA).
Untuk pihak pengelola di setiap objek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan prasarana yang diperlakukan sebagai penunjang objek-objek tersebbut antara lain:
a.    Adanya buku-buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dll.
b.    Prasarana dan fasilitas di kawasan objek wisata di tingkatkan dan ditempatkan di tempat yang strategis untuk keadaan yang mendesak.

Untuk SMA N  I INDRALYA. selaku penyelenggara karya wisata, maka perlu kiranya untuk:
a.    Menambah waktu kunjungan di setiap objek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data yang lengkap. Dengan penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang objek wisata tersebut.
b.    Rencana dipersiapkan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
c.     Tidak perlu menginap di tempat penginapan yang mewah seperti Hotel, agar mengurangi anggaran karya wisata dan meringankan biaya. Dan sebaiknya mencari penginapan yang sederhana, seperti Mes atau Villa.
Demikian karya tulis ini yang kami buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.